Selasa, 10 November 2015

Membedakan Ponsel Android Asli atau Palsu Dengan Mudah

Tentunya mempunyai ponsel pintar atau yang disebut dengan smartphone menjadi sesuatu yang lumrah di jaman teknologi seperti ini, sangat menyenangkan memiliki smartphone karena ada banyak fasilitas yang tersedia di dalamnya.


Jenis-jenis smartphone seperti Samsung, Blackberry, Lenovo, Oppo, iPhone dan lainnya. Akan tetapi yang perlu diketahui bahwa pada saat ini sudah terdapat smartphone dengan merek-merek yang terkenal akan tetapi dipalsukan, dengan kata lain beda di luar dengan di dalamnya. Lebih jelasnya yaitu sebuah ponsel replika dengan memiliki bentuk yang sama seperti aslinya akan tetapi kualitas dan komponen didalamnya sangat jauh berbeda.

Tidak sedikit orang-orang yang mengalami masalah penipuan ponsel atau smartphone dengan menyamar sebagai replica dari versi aslinya, tentunya kualitasnya aka jauh dibawahnya sehingga hal ini sangat merugikan. Adapun bahasa atau istilah yang lebih dikenal dalam masalah ponsel palsu ini yaitu barang KW.


Cara Membedakan Ponsel Android Asli Atau Palsu

Sangat perlu tampaknya kita untuk dapat mengetahui mana ponsel Android yang asli mana dan mana ponsel yang palsu atau KW2, sehingga kita tidak tertipu nantinya oleh penjual ponsel yang tidak bertanggung jawab. Langsung saja berikut di bawah ini penjelasannya.


Buka Situs Browser Opera

Coba Buka website opera pada browser bawaan ponsel yang di alamat http://apps.opera.com. Setelah itu perhatikan pada bagian di bawah, disana Kamu dapat melihat jenis dari smartphone yang digunakan. Jika terdapat tulisan "Your device is Android Generic Android" berarti ponsel Android yang sedang digunakan itu merupakan palsu atau replika atau KW2. Karena apabila pada ponsel yang asli maka device atau jenis smartphone nantinya namanya muncul.



Menggunakan AnTuTu Benchmark

AnTuTu Benchmark merupakan sebuah apps khusus Android untuk melakukan pengecekan dan pengukuran performa smartphone Android, yang juga memberikan informasi mengenai spesifikasi yang ada pada komponen di dalamnya yang digunakan.

Aplikasi AnTuTu Benchmark berlisensi gratis sehingga untuk menggunakannya tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Padanya jika digunakan maka jika ponsel yang digunakan adalah replika atau KW 2 maka akan terdeteksi dengan "Unknown Device". Download AnTuTu Benchmark di Google Play Store Disini




Mengirimkan Nomor IMEI 

Kamu bisa mendapatkan informasi nomor IMEI pada ponsel android, caranya dengan ketik *#06# maka nomor IMEI akan diberikan. Dapat juga diketahui dengan melihat pada bagian belakang body ponsel android, caranya buka baterai, lalu masukkan nomor IMEI pada situs Numberingplans.com Disini

Kemudian klik tombol “Analyze” maka muncul informasi secara detail dan jelas mengenai ponsel yang digunakan, yang perlu diperhatikan apabila tidak cocok maka ponsel yang digunakan adalah replika.




Metode Test Mode

Tekan *#0*# lalu muncul test mode, dengan kotak-kotak tulisan yang terdapat tulisan dalam masing-masing kotaknya. Pilih tulisan sensor, maka setelah itu jika Kamu menggerakan tangan diatas layar (mengenai sensor yang berada di dekat speaker depan), kemudian layar berubah warna menjadi hijau.
 



Kemudian pilih tombol “Image Test” di kiri atas layar. Jika muncul sebuah gambar hewan anjing Cihuahua (logo Android), berarti ponsel Android yang digunakan asli. Akan tetapi jika tidak muncul seperti itu berarti ponsel yang digunakan adalah replika.

Kemudian ciri-ciri harga smartphone Android yang replika atau KW 2 akan sangat murah, dapat 2/3 dari harga sebenarnya, atau bahkan hingga setengah harga. Untuk itu hal ini perlu diwaspadai, periksa harga pasaran dari ponsel yang ingin Kamu beli.


Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait