Minggu, 13 Desember 2015

Menggunakan Symbol atau Karakter Khusus pada Password Gemscool

Gemscool adalah situs portal game online di Indonesia. saat ini menyediakan beberapa game online seperti Point Blank Indonesia, Yulgang, Atlantica, Lost Saga, Mako, Freestyle dll Langkah pertama untuk bermain game yang ada kita harus terlebih dahulu mendaftar melalui Register Link, setelah daftar sukses kita hanya dapat mengakses beberapa permainan melalui form Login.




Selain menjadi portal gemscool juga memiliki sebuah forum komunitas yang fungsinya adalah untuk memberikan berita terbaru atau berbagi alamat di forum, di sana sobat bisa mendapatkan informasi tentang game yang ada dan dapat memberikan umpan balik, kritik atau laporan terhadap pemain atau curang sering mengganggu. (wikia)


Kembali ketopik utamanya, kali ini saya akan membagikan semua cara atau sebuah trik yang dapat memaksa isi password gemscool dapat menggunakan karakter khusus didalamnya. secara default, gemscool melarang penggunaan karakter khusus atau symbol dalam pengimputan password. dan lebih menegaskan untuk menggunakan kombinasi huruf dan angka. walaupun ada beberapa symbol khusus yang diijinkan, tapi itupun terbatas. mungkin tujuannya adalah agar keamanannya lebih terjaga dan tidak mudah lupa dari ingatan sobat.




Oke sobat, penjelasannya sudah cukup kan ? kita langsung saja praktekan.

1. Pertama, sobat akses dulu web resmi situs gemscool-nya. sudah pasti tau kan ?


2. Sebelumnya, sobat harus sudah memiliki akun gemscool terlebih dahulu (password bebas).
jika belum punya, langsung daftar saja.

3. Masukan ID & Password sobat pada form login.



4. Jangan dulu login sobat, hilangkan centang pada Secure login. tujuannya agar tidak ada sambungan yang dienskripsi. jadi, sebelum terkirim data bisa di modifikasi.



5. Setelah berhasil login, klik Ubah informasi.


6. Masuk ke konfirmasi password, dimana sobat harus memasukan ulang password serta hint yang dulu pernah sobat masukan pada saat pendaftaran.


7. Nah, jika sudah mengkonfirmasi ulang password. akan tampil form edit informasi profil data,
Sobat lanjut klik Ubah Password.


8. Oke, sudah siap nih untuk diubah. tapi tahan dulu sobat! kita harus persiapkan beberapa Extensi
pada browser yang dimana fungsinya untuk mengubah header post yang akan dikirim nanti.

Lalu apa Extensi-nya (Add ons) ?

Namanya adalah Tamper Data (untuk Mozilla) dan Tamper Chrome (untuk Chrome)
sebenarnya keduanya sama saja sobat, hanya nama dan cara pengguaannya saja yang sedikit berbeda.

Namun, kali ini saya akan memberikan tips menggunakan Tamper Chrome (untuk Chrome) yang tentunya browser yang sobat gunakan haruslah Google Chrome.


  • Pasang / Instal Tamper Chrome di Browser klik disini.
  • Klik Tambah ke Chrome.


  • Pastikan juga, bahwa Extensi kompetibel dengan perangkat sobat.


9. Kembali lagi ke tab Ubah password pada gemscool. masukan password lama.



10. Isi Password baru dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka normal terlebih dahulu jangan langsung menggunakan simbol. pastikan juga bahwa kekuatan password sudah mencapai Strong sobat. agar nanti sistem mengira bahwa password sudah dirasa aman dan tidak memerlukan validasi lanjutan.


11. Jika sudah, jangan di simpan dulu sobat. klik kanan bebas dan pilih Inspeksi / Inspect element.



12. Pilih pada bagian tab Tamper. dan centanglah pada Form / XHR Request.



13. Barulah klik Simpan. dan akan tampil Tamper Chrome. pastikan pada bagian request! nilai method harus berisikan post dan action harus berasal dari link gemscool (account.gemscool.com).



14. Ubahlah nilai pada baggian newPassword (Password baru) dan cfmPassword (Password konfirmasi). Nah, pada bagian inilah kita bebas memberikan kombinasi huruf,angka,symbol atau apapun tanpa adanya validasi lagi dari sistem.




*oh iya sobat, ada beberapa simbol yang masih dideteksi sistem. diantaranya * & ^ % $ # @
**panjang password tidak boleh lebih dari batas maksimal (12 karakter).

13. Setelah dirasa cukup sempurna, untuk melanjutkan proses pengiriman data! sobat klik Send.



14. Dan taraaa... Password berhasil diubah! tanpa adanya peringatan tentang pelarangan menggunakan Karakter khusus.


15. Untuk membuktikan bahwa password berhasil diubah dengan symbol! coba sobat lakukan Re-login (logout lalu login kembali).


Bukti ini char percobaan saya bisa di cek sendiri.

ID : minevendetta
PASS : []'/.,2020
*tidak menggunakan spasi.

Cara ini masih bisa di bilang aman sobat, tidak akan menimbulkan efek apapun. seperti banned atau peringatan lainnya. tidak hanya untuk login di web gemscool saja sobat! tetapi password ini juga akan aktif untuk semua game dari gemscool. unik saja kan jika ditanya oleh teman sobat kalau password sobat apa ? lalu sobat jawab saja "[][][][]" pasti teman sobat tidak akan percaya dan tertawa terbahak-bahak *kagak juga sih

Yap, cukup sekian info tips dari saya. jika sobat masih ragu! sebaiknya jangan dilakukan. terima kasih dan semoga bermanfaat.