Rabu, 10 Juli 2013

Mengenal Mitos dan Misteri Hewan Puma


Seret Scroll Ke Bawah / Atas Untuk Melihat Isi Postingan


Copyright © SazShare : www.saz-share.blogspot.com


Hallo Sahabat SazShare...
Warnanya oranye kecokelat-cokelatan dan polos,bagian depan kepalanya tidak terlalu berbentuk persegi,kepala puma bulat dan kecil dan di atasnya terdapat kuping yang juga bulat dan kecil. Dari samping, kepala puma tampak seperti sebutir peluru-ramping dan panjang. Gelambir bulu putih di sekeliling mulutnya memberikan kesan seolah-olah ia menyelupkan moncongnya di sebuah mangkuk susu dan lupa untuk menyeka mulutnya. Tubuhnya yang lentur dan ramping dapat mencapai panjang satu setengah meter atau lebih, belum termasuk ekornya yang tebal dan berwarna gelap pada ujungnya.


Kaki puma yang panjang dan kokoh laksana rusa betina membuat bokongnya tampak lebih tinggi daripada bahunya. Kaki-kaki yang kuat ini memberikan daya dorong bagi berkas otot seberat 65 kilogram ini untuk melejit dari tanah seperti sebuah roket. Pernah ada yang menyaksikan puma meloncat secara vertikal hingga ketinggian 5 meter dengan sekali loncatan yang jauh. Itu bagaikan mengikuti olahraga lompat galah tanpa menggunakan galah!
Sewaktu meloncat ke bawah, puma juga tampak mengesankan. Puma terkenal karena loncatan-loncatan terbang ke tanah dari ketinggian 18 meter. Ini hampir dua kali ketinggian papan loncat yang digunakan oleh peloncat indah dalam Olimpiade, tetapi puma tidak membutuhkan kolam renang yang terisi penuh di bawahnya. Bahkan, saat kucing itu menyentuh tanah, ia siap untuk meloncat kembali seolah-olah ia mendarat di atas kanvas akrobat.
”Puma benar-benar satwa yang kuat dan menakjubkan,” kata biolog satwa liar. ”Begitu Anda mengetahui bagaimana kucing-kucing ini bertahan hidup, mereka pantas mendapat banyak respek.” Herannya, mereka praktis muncul di mana-mana-namun lenyap dengan tiba-tiba.
Puma diperlengkapi dengan baik untuk bertahan hidup. Ia memiliki lambung yang kukuh dan menguasai metode berburu yang bervariasi. Ia dapat menyesuaikan diri dengan makanan apa saja yang tersedia setempat. ”Puma juga sanggup membunuh dan menyeret seekor binatang yang lima kali lebih besar dari ukurannya, tetapi ia juga makan belalang jika tidak ada pilihan lain di sekitarnya,” kata seorang dokter hewan yang memeriksa isi lambung dari beberapa ekor puma yang dibunuh.

Posting Terkait