Selasa, 10 November 2015

6 Tips Agar Lancar, Ringan dan Tidak Lag Saat Bermain Game HD di Android


Smartphone Android ini menjadi sangat populer dalam waktu yang singkat, karena support yang sangat banyak dari pengembang aplikasi, termasuk di dalam platform Android ini terdapat ribuan game yang tersedia untuk dimainkan secara gratis, umumnya yang sangat populer adalah memasang game yang ada di Google Play Store, yang merupakan situs resmi dari kumpulan aplikasi Android.



Dan dari sekian banyak game yang gratis di Android, tidak sedikit yang memiliki kualitas grafis tinggi, yang setara dengan game PC atau Console, sehingga game-game yang tersedia untuk platform Android sangat memuaskan penggunanya. Yang penting diketahui yaitu tidak semua smartphone Android dapat memainkan game- game yang berkualitas tinggi, beberapa diantaranya seperti game PES, FIFA, GTA dan banyak lainnya.


Hal itu karena game-game yang disebutkan diatas membutuhkan spesifikasi smartphone yang cukup tinggi, beberapa permintaan spec yang tinggi tersebut seperti memori RAM,CPU dan juga GPU. Untuk yang terakhir itu, yaitu GPU (pengolah grafis) merupakan bagian yang paling utama dalam memainkan game di smartphone Android, karena tanpa GPU maka game tidak bisa untuk dijalankan dengan baik.


6 Tips Agar Lancar, Ringan dan Tidak Lag saat Bermain Game HD di Android


Tidak semua game HD dapat dimainkan disembarang jenis android, alasannya simpel dimana hardware nya tidak support.

Menggunakan GLTools

Apabila smartphone Android Kamu tidak memiliki kualitas GPU yang tinggi, maka Kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan aplikasi yang dapat membuat lancar dan ringan ketika bermain game dengan kualitas HD di Android, sehingga tidak terjadi yang namanya lag.


Aplikasi tersebut namanya GLTools, berikut dibawah ini fiturnya;
  1. Mampu mengubah rendering bigness serta resolusi pada apps.
  2. Meningkatkan kemampuan GPU, termasuk pada ponsel low end.
  3. Mampu mengambil kendali penuh atas tekstur grafis
  4. Mengoptimalkan shader on-the-fly untuk kinerja yang optimal
  5. Dapat Mengukur kinerja layar FPS Counter
Download Aplikasi GLTools


Cara menggunakan aplikasi GLTools :
  1. Hanya support untuk Android yang dalam keadaan root
  2. Kamu jalankan aplikasi GLTools
  3. Pada menu utama, aktifkan pilihan “Enable custom setting for this”
  4. Setting pada Enable texture decompression ke posisi All
  5. Setting Enable texture recompression ke posisi All
  6. Kamu aktifkan pilihan Use fake GPU info
  7. Terakhir pada pilihan Use a template, Kamu pilih GPU yang sesuai keinginan
  8. Selesai.
GLTools agak berbeda dengan Chainfire3D, dimana Aplikasi GLTools lebih aman digunakan untuk Android, walaupun memang masih dalam tahap pengembangan.

Menggunakan Pure™ Graphics HD

Untuk memaksimalkan grafis di Android, maka diperlukan beberapa cara, seperti dengan bantuan aplikasi Pure™ Graphics HD, yang dibuat oleh jeeko (member di xda-developer), dengannya dapat membantu Kamu untuk memaksimalkan kemampuan graphic di Android, kemampuan Pure™ Graphics HD juga dapat rendering GPU, meningkatkan video HW render, dan meningkatkan kemampuan perangkat agar lancar dalam memainkan game HD. 




Cara memasang dan menggunakan Pure™ Graphics HD:
  1. Aplikasi Pure™ Graphics HD ini kompatibel pada GB/ICS/JB semua device Android.
  2. Menginstalnya flashing lewat CWM (clockwordmod recovery)
  3. Setelah instal Kamu reboot. Android milikmu
  4. Lalu mainkan game, dan rasakan perbedaannya.

Usahakan Sisa Daya Baterai 20% Keatas

Ketika ingin bermain game, agar lancar usahakan sisa daya baterai 20 persen keatas
Baterai yang dayanya di bawah 20 persen maka menyebabkan prosesor tidak memaksimalkan kerjanya (untuk menghemat baterai), terutama lagi ketika bermain game. Sehingga permainan akan menjadi tidak lancar, bahkan cenderung berat saat kondisi baterai yang lemah. Sehingga agar nyaman dalam bermain game, usahakan sebelumnya baterai dalam keadaan penuh.




Hindari Aplikasi Lain Berjalan Ketika Bermain Game

Ketika Kamu bermain game, maka pastikan menutup aplikasi lainnya yang sedang berjalan, sehingga hindari hanya melakukan minimize aplikasi, lalu langsung membuka aplikasi lain, karena ini akan memberatkan sistem kerja Android milikmu. Dengan menutup aplikasi lainnya ketika bermain game, maka game yang Kamu jalankan dapat berjalan lebih maksimal.




Uninstall Beberapa Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Apabila ada terlalu banyak aplikasi, itu akan membuat banyak junk files dan cache yang menumpuk di Android, selain itu juga hanya memboroskan kapasitas memori di Android Kamu. Dengan uninstal aplikasi yang tidak digunakan, maka berguna untuk meringankan kerja Android.




Pastikan Selalu Bermain Game Yang Terus Ter-update

Apabila game yang dimainkan olehmu masih terasa lambat, maka coba cek game yang terinstal di Android, pastikan memiliki update terbaru, karena dengan game yang baru akan lebih kompatibel dengan perangkat Android, serta meminimalisir juga terjadinya bug. Dengan begitu, cek juga game yang Kamu mainkan di Google play store, apakah ada versi terbarunya, segera lakukan update versi game agar lebih lancar ketika dimainkan.




Semoga bermanfaat.

Posting Terkait