Selasa, 10 November 2015

Cara Merawat Kesehatan Harddisk Laptop dan Komputer

harddisk atau harddisk drive disingkat HDD adalah sebuah komponenperangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5inci. (wikipedia)



Pernahkah Sobat Mengalami Kinerja laptop / komputer sobat melemah ? menjadi lambat dan sangat lama saat membuka program? pasti hal tersebut akan sangat menjengkelkan bukan ?
Tenang saja kali ini saya akan memberikan beberapa solusi untuk mencegah hal tersebut terjadi.
Microsoft Telah membekali beberapa Software untuk merawat kesehatan hard disk. apa saja itu ? dan bagaimana caranya ? 

Seringlah Defragment Harddisk


Apa Itu Disk Defragmenter ?

Disk defragmenter adalah Software bawaan OS (Sistem Operasi) Windows yang memiliki Fungsi untuk menjaga kestabilan PC dan keadaan hardisk kerana defragmenter mampu mengelakkan / memperbaiki boot sector dalam hardisk ataupun error program, jadi windows yang kita pakai sekarang ini sangat baik terhadap penggunanya dengan tools-tools yg berguna dalam menjaga hardware.

Windows tidak dapat menguruskan kembali file-file secara automatik (tanpa bantuan defragmenter) file yang telah di delete, di copy maupun dibuka. Maka dengan itu windows menyediakan recent documents (open file history) dan system restore point untuk mengulangi jika dalam proses defragmenting tidak dapat ditata kembali.

Disk defragmenter merupakan salah satu tools pembawaan windows, anda dapat menggunakannya untuk mengatur file-file di hardisk anda.

Bagaimana Cara Menggunakanya ?

Klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Pilih Disk Defragmenter



Klik Pada Disk Yang Akan Di Defragment (Semua Disk) > Klik Defragment Disk



Tunggu Hingga Proses Selesai , Sampai Tanggal Pada Tabel 'Last Run' Telah Berganti Tanggal


Lakukan Disk Cleanup


Apa Fungsi Disk Cleanup ?

Fungsi dari utility disk cleanup pada windows adalah untuk membuang aplikasi atau file sampah yang tidak diperlukan pada sebuah komputer.
Terkadang pada saat booting, komputer kita memerlukan waktu yang cukup lama, hal ini bisa juga disebabkan oleh banyaknya aplikasi sampah yang tidak diperlukan, dan itu semua masih tersimpan dalam perangkat komputer. Menurut saya, kegiatan ini cukup perlu untuk dilakukan agar performa komputer selalu maksimal.

Bagaimana Cara Melakukan Disk Cleanup ?

Klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup

Pilih Drive yang akan Dibersihkan (Kali ini saya akan membersihkan Drive C: )



Centang semua file yang ada ( JANGAN TAKUT ! Tidak akan ada file yang Hilang )



Apabila anda ingin membersihkan System Fie Maka Pilih "Clean up System Files"
Klik OK dan Data file yang sudah tidak diperlukan oleh Laptop / Komputer akan Terhapus 
(Sekali lagi jangan takut , karena tidak akan ada data anda yang Hilang )


Sekian Tips dan Tutorial dari saya. Semoga Membantu dan bermanfaat.

Posting Terkait