Jumat, 06 November 2015

Menambah Random Access Memori (RAM) Pada Android


SazShare - Random Access Memori atau yang biasa disingkat RAM berfungsi untuk menyimpan data dan program akses yang dijalankan CPU. Saat ponsel dimatikan, memori yang tersimpan pada RAM akan hilang. Apakah smartphone anda lambat, macet, dan restart dengan sendirinya pada saat akan menjalankan aplikasi? Mungkin RAM bisa jadi penyebabnya karena RAM yang kecil sangat tidak cocok untuk menjalankan aplikasi yang besar dan berat apalagi banyak aplikasi sekaligus. Sebaliknya bila RAM yang anda miliki semakin besar kapasitasnya, semakin banyak pula daya tampung memori dan akses programnya.


Kalau memang ternyata RAM anda kecil, tidak perlu panik karena ada beberapa cara untuk menambah kapasitas RAM. Untuk menambah RAM, kita bisa memanfaatkan beberapa aplikasi seperti Swapper dan SD Booster.

Menambah kapasitas RAM dengan Swapper

Pertama, anda harus mendownload dan menginstall aplikasi Swapper. Anda bisa mendownload aplikasi ini di Google PlayStore lalu menginstalnya


Setelah installasi selesai, langsung saja anda buka Swapper tersebut. Selanjutnya, aktifkan pada bagian Active Swap on Boot. Yang terakhir, pada bagian Swap File Position, pilih SD FAT partition. Setelah itu pada bagian Swap File Size, masukkan memori sesuai dengan keinginan anda sebagai virtual keyboard. Setelah itu, simpan pada konfigurasi.

Menambah kapasitas RAM dengan SD Booster

Untuk aplikasi SD Booster, anda harus memiliki SD card yang kapasitasnya lumayan besar karena aplikasi ini lumayan berat.

Pertama, anda harus mendownload dan menginstall aplikasi SD Booster. Seperti Swapper, anda bisa menemukan aplikasi ini di Google PlayStore.


Kedua, setelah selesai menginstall SD Booster, bukalah aplikasinya. Pada bagian Cache Size, isi nilai Cache yang anda inginkan namun, lebih baik diisi dengan nilai 1024 kb atau 2048 kb saja karena paling pas dengan ponsel. Namun, pada saat ponsel anda direstart, Cache Size yang sudah anda tambah tadi akan otomatis restart ke angka awal juga. Untuk itu mengatasi ini, pilih Check Set On Boot agar hal ini tidak terjadi.

Itulah cara untuk menambah kapasitas RAM. Mudah bukan? Kini ponsel anda sudah memiliki RAM yang lebih besar. Seperti laptop dan komputer, smartphone juga perlu RAM yang cukup untuk menjalankan aplikasi yang bagus.

Posting Terkait