Selasa, 10 November 2015

Penyebab Blue Screen dan Cara Mengatasinya Pada Laptop


Mengatasi penyebab Blue Screen pada Laptop memang bisa disebabkan banyak hal dan kasus ini sering dialami pengguna laptop dengan berbagai kasus. Kita akan mencoba membahas cara mencari, menganalisa, penyebab Blue Screen pada Laptop yang sering terjadi.


Penyebab Blue Screen Pada Laptop salah satu diantaranya adalah adanya kerusakan pada sistem operasi windows dan untuk ini bisa diatasi dengan instal ulang windows. Namun jika Blue screen tidak bisa diatasi dengan instal ulang, maka masalah mungkin bukan kerusakan kesalahan OS windows.


Kita akan melihat ciri ciri blue screen yang sering terjadi:


Muncul peringatan " IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A) "



Peringatan/pesan ini muncul, kemungkinan besar karena terjadi masalah berikut:
Masalah Driver yang konflik atau tidak cocok. Kita bisa coba instal ulang atau mengganti driver VGA (Video Card) nantinya jika anda sudah berhasil instal ulang, Driver bisa di download sesuai dengan merk/model laptop.

Untuk melihat model/type laptop silakan ketik dxdiag pada kotak search. Sebagai saran jangan menggunaan program-program yang berlebihan atau yang memiliki fungsi sama di komputer anda. Juga terjadinya masalah pada Audio Card (driver audio), baik itu kesalahan konfigurasi atau bug.

Muncul salah satu dari 2 peringatan berikut ini

NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024)
NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000023)




Berdasar ciri-ciri peringatan yang muncul, kemungkinan besar masalah pada kasus ini di sebabkan oleh gangguan pada partisi harddisk atau ada gangguan pada pemasangan harddisk, jika memungkinkan periksa pemasangan kabel SATA harddisk anda.

Muncul peringatan " UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F) "



Peringatan ini bisa disebabkan oleh RAM yang kotor, terlalu panas pada komponen tertentu, Hardware yang sudah berumur lama.

Muncul peringatan " VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE "


Peringatan ini muncul akibat gangguan atau kesalahan instalasi Driver VGA ataupun kesalahan driver lainnya.

Munculnya peringatan
" PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA "


Peringatan ini kemungkinan karena adanya kesalahan pada hardware terutama pada RAM, Harddisk, VGA, dan mainboard telah terjadi kerusakan.


Beberapa tips cara mengatasi bluescreen pada laptop:


Selalu Menjaga Kesehatan Harddisk 

Menjaga kesehatan harddisk antara lain dengan melakukan defragment harddisk, jika anda memakai windows 7, bisa melalui start > all programs > accesories > system tools > DISK DEFRAGMENTER dan juga lakukan DISK CLEANUP untuk membersihkan file yang tidak terpakai oleh sistem. Anda juga bisa menggunakan software tuneUP utilities untuk tips ini.

Membuang File Yang Sudah Tidak Terpakai Atau Rusak

Membuang file-file yang sudah tidak terpakai atau rusak (sampah-sampah) yang tersimpan di harddisk. Silakan empty recycle bin untuk mengosongkan folder ini (klik kanan pada recycle bin > empty recycle bin).

Uninstal Program/Software Yang Tidak Penting

Uninstal program/software yang tidak penting, dan sebaiknya jangan menggunakan program/software dengan fungsi sama, pilih salah satu saja. Jika anda ingin update program terbaru, maka uninstal secara full/total dan hapus semua file/folder yang masih tersisa di system (C) yang berhubungan dengan program tersebut.

Bongkar komputer atau laptop

Jika memungkinkan silakan bongkar komputer atau laptop, dan silakan lepas/bersihkan slot RAM dari debu atau juga bersihkan bagian kaki-kaki emas dengan menggunakan penghapus pensil (gosok secara searah), termasuk juga mainboard, VGA, dan harddisk.

Menggunakan Software ANTI CRASH

Anda bisa menggunakan software ANTI CRASH, karena ini sangat berguna dan membantu sekali dalam menanggulangi bluescreen, jika terjadi crash program ini akan memberi tahu tentang masalah yang muncul.


Download


Gunakan serial number :
Name : bebas
s/n : 9203875154021

Name : danyrolux
s/n : 9203875154021

Name : ARTeam
s/n : 9203875154021

Buatlah Sistem Restore Point

Buatlah sistem restore point, (cari di accessories > system tools > system restore) untuk proses restore. Restore point akan mengembalikan sistem windows ke point yang telah kita pilih (kembali ke awal) sesuai waktu yang dipilih tadi. Langkah instal ulang windows mungkin menjadi pilihan yang paling tepat agar system bisa kembali bersih dan fresh.

Jika memang instal ulang tidak berhasil dan tetap muncul layar biru (bluescreen) mungkin bukan hanya OS saja yang bermasalah tetapi ada kerusakan pada hardware. Sekian tips cara mengatasi analisa penyebab bluescreen pada komputer.

Posting Terkait